Daerah Kosan Favorit Anak ITB

Ditulis Oleh : Deden Hardian

Halo guys, berhubung sedang hangat-hangatnya penerimaan mahasiswa baru bagi universitas-universitas di Indonesia, nah saya akan bagikan sedikit info nih mengenai daerah kos-kosannya anak ITB, lets check it out:

   1. Cisitu
Daerah cisitu merupakan daerah favorit anak ITB, hampir semua penduduk di Cisitu ini adalah mahasiswa ITB. Kelebihan daerah cisitu ini terletak dari faktor ini, suasana mahasiswa yang sangat terasa sehingga para mahasiswa cepat merasa nyaman. Cisitu terbagi atas 2 bagian, yaitu Cisitu Lama dan Cisitu Baru.

a.    Cisitu lama
satu-satunya angkot yang  melalui cisitu
Cisitu lama terletak lebih jauh disbanding cisitu baru dari ITB, suasana cisitu lama sangat rasa mahasiswa karena sangat banyak mahasiswa ITB yang ngekos disini, kos-kosan disini tergolong cukup murah dan nyaman. Disini banyak ditemukan tempat makan yang enak dengan harga terjangkau. Hanya saja satu-satunya angkot menuju daerah Cisitu lama yaitu angkot Cisitu-Tegallega (warna ungu) sehingga untuk urusan akses angkot hanya terbatas satu angkot itu saja, tapi jangan khawatir, daerah cisitu dekat dengan simpang dago sehingga dapat menggunakan angkot yang melalui jalan Juanda, sisanya jalan kaki.

b.   Cisitu baru
Cisitu baru memiliki kelas yang sedikit lebih tinggi dibandingkan Cisitu lama, kos-kosan daerah ini agak lebih mahal dibandingkan Cisitu lama, hal ini tidak terlepas dari posisinya yang sangat strategis, cisitu baru berada dekat simpang dago yang mana merupakan jalur akses yang sangat baik. Untuk mencapai daerah ini, banyak pilihan angkot yang dapat digunakan, baik itu angkot cisitu-tegallega, kalapa-dago, dll. Jarak daerah ini ke kampus ITB juga tidak jauh sehingga dengan jalan kaki dapat ditempuh dalam waktu yang sebentar.

   2. Tubagus Ismail
Tubagus Ismail juga merupakan daerah yang banyak ditempati oleh anak ITB, selain anak ITB juga tidak sedikit anak UNIKOM, UNPAD dll yang tinggal di daerah ini. Untuk menuju ITB dapat menggunakan angkot sadang serang- caringin, daerah ini cukup jauh jika dicapai dengan jalan kaki. Makanya sebaiknya memiliki kendaraan pribadi saat tinggal disini.

   3. Pelesiran
Pelesiran merupakan daerah yang paling dekat dengan kampus ITB, jarak daerah ini ke ITB dapat ditempuh hanya dengan 5 menit jalan kaki saja, hanya saja lingkungan daerah ini kurang kondusif untuk dijadikan tempat tinggal mahasiswa, selain daerahnya dekat dengan tempat pembuangan sampah Taman Sari yang membuat daerah ini kurang bersih, daerah ini juga agak rawan dengan kejahatan, yang disebabkan banyaknya orang lalu lalang di daerah ini.

   4. Sangkuriang
asrama sangkuriang
Sangkuriang terletak lebih jauh dari cisitu lama dari ITB, daerah ini cukup aman, Karena dekat dengan kantor polisi dan ada kamp militer tni, hanya saja daerah ini masih sedikit mahasiswa yang tinggal ngekos, memang asrama Sangkuriang ITB terletak di daerah ini, hanya saja letak asrama itu cenderung lebih dekat ke Cisitu lama. Pilihan makanan di daerah ini juga belum terlalu banyak.

   5. Dago Asri
dago asri merupakan kawasan elit mahasiswa
Dago Asri merupakan kawasan elit anak ITB, kawasan ini memiliki harga kos-kosan yang tinggi karena fasilitas yang diadakan dari tiap-tiap kos juga sangat mewah, jalur angkot juga sangat susah untuk dicapai, makanya untuk tinggal di daerah ini, kendaraan bermotor adalah hal yang wajib untuk dimiliki.

Selain tempat-tempat diatas,ada beberapa tempat yang bisa dijadikan daerah yang cocok untuk ngekos bagi mahasiswa ITB, beberapa diantaranya yaitu Dipatiukur, Sekeloa, Cigadung, Cihampelas, dll. 

Post a Comment