Prospek Kerja Teknik Geofisika, Bidang Migas dan Non-Migas

Banyak yang belum mengetahui tentang Teknik Geofisika serta prospek kerja dari teknik geofisika ini. Bidan ini memang belum diketahui secara luas , akan tetapi keilmuan yang berada di ruang teknik geofisika sangat banyak tersebar di segala bidang. Di dalam praktiknya, ilmu geofisika akan banyak membahas tentang pemanfaatan sifat-sifat fisis material dalam bumi untuk memperoleh anomali bawah permukaan. Sifat-sifat ini meliputi sifat elastisitas material, medan magnet, medan gravitasi, maupun medan listrik. Anomali yang muncul merupakan respon dari adanya sumber daya energi dan mineral di bawah permukaan. Anomali inilah yang kemudian diproses dan diinterpretasikan hingga dapat dimanfaatkan dalam kegiatan eksplorasi.

Kuliah Lapangan anak teknik geofisika ITB
Paradigma kita sering dengar bahwa prospek kerja lulusan teknik geofisika sangat terbatas, karena kita berpikir teknik geofisika hanya berkaitan dengan kegempaan dan ilmu bumi. Hal itu tidak salah, namun masih banyak bidang yang sebenarnya masuk kedalam ranah teknik geofisika. Bidang-bidang tersebut antara lain bidang perminyakan , bidang pertambangan, bidang geothermal, bidang sipil, bidang pertanian dan lingkungan, bidang seismologi dan lainnya. Maka dari itu, menurut hasil survey yang dilakukan oleh pihak Georgetown University, lulusan teknik geofisika memiliki angka pengangguran sebesar 0%.

Prospek Kerja Teknik Geofisika

Prospek kerja lulusan teknik geofisika sangatlah luas, dalam bidang perminyakan, teknik geofisika berperan dalam mencari tempat akumulasi minyak (reservoir). Di Indonesia sebagai wilayah yang memiliki 128 cekungan minyak dan gas yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, hingga kini baru berhasil mengeksplorasi dan memproduksi migas dari 15 cekungan migas saja, sedangkan 113 cekungan migas lainnya masih menunggu untuk dieksplorasi dan diproduksi lebih lanjut oleh para lulusan Teknik Geofisika dan Geologi, nah bayangkan saja seberapa besar kebutuhan Indonesia akan lulusan dari teknik goefisika, oleh karena itu jurusan teknik geofisika memiliki prospek kerja yang tinggi.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan galian industri seperti bijih besi, tembaga, timah, dan lain-lain, peran ilmu geofisika cukup dominan. Pada bidang geothermal teknik geofisika berperan dalam mencari sumber panas, aliran fluida dan struktur bawah permukaan. Pada bidang teknik sipil dan lingkungan, teknik geofisika berperan dala, mencari air tanah (ground water) serta kondisi kestabilan tanah yang ada di suatu daerah, sehingga dapat bermanfaat bagi perencanaan suatu wilayah kota. Sedangkan pada bidang seismologi bidang ini berguna karena mempelajari fenomena-fenomena yang berkaitan dengan gempa bumi serta aplikasinya untuk mengetahui model bumi. Bidan teknik geofisika juga dapat disinergikan dengan bidang mitigasi bencana alam dan biasanya memanfaatkan gempa bumi. 
Nah banyak banget kan prospek kerja teknik geofisika, oleh karena itu teknik geofisika dianggap sebagai jurusan yang memiliki prospek kerja yang bagus untuk beberapa tahun kedepan



Artikel terkait :

jurusan IPA dengan prospek cerah

Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Bincang-bincang Anak Akuntansi

Jurusan IPS dengan prospek kerja cerah


Post a Comment