Bagusan Mana, Jurusan IPA atau IPS?

Halo guys, ada sedikit info nih buat kamu yang masih galau tentang pemilihan 2 jalur jurusan di SMA, jurusan IPA atau IPS? bagusan mana sih? berikut sedikit fakta yang sering ditemukan mengenai kedua jurusan tersebut:



1. Anak IPS tidak bisa kuliah di jurusan IPA, sedangkan anak IPA masih bisa kuliah di jurusan IPS


Ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki anak IPA dibandingkan anak IPS, pada saat pemilihan jurusan untuk kuliah, anak IPA masih bisa memilih jurusan yang notabenya memiliki dasar keilmuan IPS, namun tidak sebaliknya jurusan IPS tidak bisa masuk kulaih dengan dasar keilmuan IPA. Hal ini dapat dimaklumi karena pada proses di SMA nya anak IPA akan sangat banyak belajar mengenai ilmu alam, matematika IPA, fisika, kimia, dan biologi akan sangat diperlukan dalam kuliah jurusan-jurusan IPA. Pelajaran yang dianggap ekstrim ini tentunya tidak dapat dipahami dengan mudah dalam waktu yang singkat. Beda halnya dengan jurusan IPS, jurusan IPS lebih banyak mempelajari ilmu Sosial sehingga anak IPA pun untuk mengambil jurusan kuliah IPS masih bisa, namun harus butuh perjuangan yang besar mengingat ketertinggalan materi yang cukup banyak

2. Banyak yang bilang anak IPS bos nya anak IPA dalam pekerjaan nanti

Memang banyak, pemilik-pemilik perusahaan berasal dari anak-anak jurusan IPS, karena sifat sosial mereka yang membuat mereka mampu mengatur dan memanajemen suatu perusahaan, namun bukan berarti anak IPS kedudukannya lebih tinggi dari anak IPA dalam hal pekerjaan. Tidak semua bos-bos perusahaan juga berasal dari anak jurusan IPS, tidak sedikit yang berasal dari anak IPA, terutama perusahaan yang memang menggeluti bidang teknologi atau bidang yang cukup ilmiah.

CEO facebook ini adalah contoh anak IPA bisa jadi bos



3. Anak IPA umumnya hanya jadi karyawan bukan bos

Anak IPA memang pada umumnya akan memiliki suatu keahlian dalam satu bidang khusus, nah sifat ini akan menjadikan kebanyakan anak IPA hanya sebagai karyawan, sedangkan anak IPS akan mengkomandoi dan memadukan keahlian anak IPA supaya tercipta kolaborasi yang padu, benar atau tidak? sedikit banyak ada benarnya juga sih, anak IPA biasanya lebih beorientasi untuk mendapatkan pekerjaan, sedangkan anak IPS biasanya lebih berorientasi untuk membuka lapangan pekerjaan, Nah, akibatnya walaupun memiliki penghasilan yang tidak sebesar anak IPS, anak IPA memiliki lapangan pekerjaan yang cukup luas, kenapa bisa? logisnya karyawan dibutuhkan dalam jumlah yang lebih banyak daripada bos kan?  hmmm menarik juga. Nah untuk itu bagi anak IPA, bersainglah dengan gigih, tidak selamanya bos itu lebih berkuasa atas karyawannya, seorang karyawan yang ahli akan membuat seorang bos takut kehilangan dia.
anak IPA hanya memiliki keilmuan yang mendalam pada satu bidang


4. Anak IPA identik dengan pendiam, kaku, dan kutu buku, sedangkan anak IPS lebih friendly, sosial, dan fleksibel

Hal ini agaknya banyak ditemukan dalam kehidupan bersekolah, umumnya memang anak IPA akan berfikir dengan logis, sistematis dan teliti, hal ini lah yang membangun sifat tidak banyak bicara, dan kaku. beda halnya dengan anak IPS yang lebih banyak berhubungan dengan ilmu sosial sehingga lebih memiliki kecakapan dalam berbicara di depan umum dan akan bersifat lebih friendly dan fleksibel

Anak IPS lebih mudah bergaul daripada anak IPA pada umumnya


Sekian, sedikit info mengenai kedua jurusan tersebut, saat bingung dalam memilihnya, kembalikan lagi kepada passion kita, mau yang mana? jangan memilih dikarenakan gengsi, tapi cermatlah memilih memang karena keinginan dan pilihan terbaik. Jika memang tidak suka dengan hal-hal yang berbau hitungan matematika, fisika, kimia atau biologi jangan paksakan untuk masuk jurusan IPA, karena kedepannya materi yang demikian akan sangat banyak dijumpai baik semasa SMA ataupun kuliah.

1 komentar:

IPA IPS bagusan mana tergantung kitanya sendiri, karena yang nentuin bukan title jurusan, tapi kitanya sendiri. Percuma kan kalau ipa tapi nggak bisa membawa dirinya. :) Hehehe, nice post!

Reply

Post a Comment