Prospek Kerja Teknik Lingkungan , Diam-diam Menghanyutkan

Teknik Lingkungan mempelajari berbagai tindakan yang dapat menyelamati lingkungan hidup yang meliputi air, tanah, udara, dan kesehatan lingkungan. Dalam prodi ini dipelajari ilmu tentang rekayasa air minum, seperti sistem pentediaan air minum, perencanaa bangunan pengolahan air minum, air limbah, pengolahan buangan padat, pengelolaan sampah dll.

Prospek Kerja
kebanyakan orang pasti tidak begitu mengerti seberapa besar peluang kerja lulusan teknik lingkungan dan seberapa besar gaji yang diterima oleh lulusan jurusan yang satu ini (bahkan saya sendiri sempat tidak menyadari hal tersebut), nah sekarang coba lihat disekitar kita seberapa parahkah kondisi lingkungan kita, terutama di lingkungan perkotaan, sangat parah. Keadaan alam yg diperburuk oleh berbagai industri,sampah, pertambangan bahkan kegiatan alamiah yg dilakukan manusia sendiri dapat menimbulkan masalah lingkungan. Hal inilah yang membuat engineer teknik lingkungan sangat dibutuhkan pada saat ini.
Tidak perlu melihat jauh-jauh bahwa betapa sangat berharganya kondisi lingkungan yang sehat dan bersih saat ini, jika kita pergi ke warung dan membeli sebotol air mineral, akan kita dapati bahwa untuk 600ml Aqua saja dijual senilai Rp.3000, itu artinya untuk 1200ml Aqua dijual seharga Rp.6000 (harga terhitung Maret 2015), dan jika kita lihat harga bensin dunia (yang tidak disubsidi pada Maret 2015) berkisar sekitar Rp.6900/liter. Coba bayangkan, harga air putih saja yang tidak dicampur apapun, tidak berasa, bisa mendekati harga minyak mentah yang telah melalui berbagai macam proses hingga menjadi bensin. Sekarang coba kita lihat berapa banyak kebutuhan minum manusia, jika dibandingkan dengan kebutuhan akan bensin, maka kebutuhan manusia terhadap air minum jauh lebih banyak daripada kebutuhan akan bensin. Dan jangan heran apabila suatu saat nanti harga air bersih jauh lebih mahal daripada harga minyak, melihat kondisi saat ini dimana semakin sulit menemukan air bersih
Nah, kondisi lingkungan yang semakin buruk ini akan semakin meningkatkan kebutuhan dunia akan lulusan teknik lingkungan ini, belum lagi setiap industri membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan untuk menanggulangi limbah yang dihasilkan oleh pabrik-pabriknya. Secara umum, lingkup kerja lulusan ini ialah:

1. Instansi Pemerintahan
lulusan ini dapat bekerja sebagai tim ahli lingkungan hidup di departemen teknis maupun non teknis seperti PU,ESDM,Depdagri,KLH,BPLH,BPLHD Kimpraswil dan PDAM

2.LSM/NGO Lingkungan Hidup
Lulusan ini dapat mengabdi langsung ke msayarakat melalui lembaga swadaya masyarakat nasional/internasional seperti WWF, WHO, WALHI, Greenpeace dll

3. Industri
Telah dijelaskan bahwa hampir semua perusahaan industri seperti Sclhumburger, Total, Chevron membutuhkan lulusan teknik lingkungan dapat dapat menempati posisi Safety Health and Environment (SHE)


"only when the last tree has died, the last water has poisoned and the last fish been caught will we realise we cannot eat money"


10 komentar

mkasih gan ,,, postingan prospek-kerja-teknik-lingkungan , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

Reply

boleh gan, makasi atas kunjungannya gan

Reply

Kalau D3 sama atau beda prospek nya dgn S1

Reply

Secara tingkatan kerja D3 dengan S1 memiliki perbedaan tingkatan kerjanya, namun prospek kerja kedua-duanya sama, sama-sama menggiurkan. Saat ini tidak sedikit perusahaan yang lebih mengutamakan lulusan D3 dibandingkan S1, karena biasanya lulusan S1 meminta gaji yang lebih besar dari yang D3. Semoga menjawab :)

Reply

Tks ya jawabannya :D soal nya lg pusing pilih pilih jurusan kuliah .....

Reply

Min teknik lingkungan sama teknik pengolahan limbah prospek kerjanya sama atau dibedakan ?

Reply

Mohon bantuan jawaban ya min

Reply

Min teknik lingkungan sama teknik pengolahan limbah prospek kerjanya sama atau dibedakan ?

Reply

Secara umum teknik pengelolaan limbah adalah bagian dari teknik lingkungan, jadi secara prospek kerja bisa dikatakan hampir-hampir mirip, namun teknik pengelolaan limbah bakal lebih fokus pada masalah limbah, terutama limbah industri. dan itu sangat dibutuhkan oleh hampir setiap industri apapun. :)

Reply

Anak saya ambil jurusan D3 pengolahan limbah..semoga nanti dia gampang dpt kerja..khususnya di oil n gas industri

Reply

Post a Comment