8 jurusan IPA dengan prospek kerja cerah

8 Jurusan IPA Dengan Prospek Kerja Yang Cerah
Berikut adalah jurusan-jurusan yang berprospek baik di masa depan,:


1.Teknik Perminyakan dan jurusan lain pendukungnya

Jangan tanyakan lagi berapa tinggi prospek kerja lulusan teknik perminyakan, sempat mengkhawatirkan karena harga minyak dunia yang turun, namun peluang kerja lulusan ini tetap tinggi, jurusan Teknik Perminyakan, Geologi ,Geofisika, Metalurgi termasuk diantaranya. Jurusan-jurusan itu masih sangat sedikit lulusannya di Indonesia, namun kebutuhan akan engineer-nya banyak. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Permintaan sangat besar. Gaji? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun anda. Beda halnya dengan teknik pertambangan, lulusan pertambangan tiap tahunnya di Indonesia cukup besar, bahkan pamor teknik pertambangan beberapa waktu lalu mengalami penurunan yang cukup drastis. Beberapa Perguruan Tinggi yang terkenal dengan jurusan  Perminyakannya yaitu ITB dengan FTTM nya, Unsri, Trisakti, dan UPN Veteran Yogya. Hanya saja kebutuhan akan engineer perminyakan tidak akan kontinuitas, maksudnya engineer perminyakan dibutuhkan saat minyak masih menjadi sumber energi utama masyarakat dunia, apabila persediaan minyak menipis dan telah ditemukan sumber energi baru, maka jangan heran akan banyak pengangguran di jurusan ini.

2. Teknik Sipil dan Teknik Kelautan
Proyek pembangunan besar-besaran dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi
berprospek cerah. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi.
belum lagi untuk negara yang sedang dalam pembangunan seperti di Indonesia akan sangat dibutuhkan lulusan teknik sipil yang banyak.  Apalagi jika kita melihat keberhasilan Dubai meraup keuntungan yang besar karena infrastrukturnya, banyak negara sekarang yang saling pacu-memacu membangun infrastruktur dalam skala besar.
Tidak jauh beda halnya dengan teknik kelautan, pembangunan di laut saat ini berkembang dengan pesat, tidak hanya jalan tol ataupun tambang minyak saja, sudah ada hotel bahkan kompleks perumahan yang dibangun di atas laut, maka dapat dipastikan jurusan ini akan sangat dibutuhkan.  Untuk Teknik Sipil dan Teknik Kelautan, Perguruan Tinggi yang masih dianggap yang terbaik adalah ITB dengan FTSL nya.
Beda halnya dengan teknik perminyakan, jurusan teknik sipil ataupun teknik kelautan akan digunakan selama manusia masih menggunakan bumi untuk berpijak


3. Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi

Setiap bangunan, gedung, industri pasti menggunakan listrik, nah untuk mengontrol listrik tersebut tidak segampang menghidupkan senter menggunaka batrei, banyak hal yang perlu dipelajariuntuk membagi arus dan tegangan sesuai yang dibutuhkan, makanya sampai kapanpu sejauh manusia masih menggunakan listrik sebagai salah satu aspek penting dalam kehidupan, teknik elektro akan selalu terpakai.
sedangkan di bidang komunikasi, teknik telekomunikas sangat menggiurkan saat ini, apalagi dengan perkembangan funia teknologi yang pesat. Dijamin, bidang Telekomunikasi sangat berprospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro konsentrasi Telekomunikasi. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang  ITB dengan STEI nya dan IT Telkom.




 4.Teknik Mesin,Teknik Fisika,Teknik Industri

Industri di bidang mesin tak ada habis-habisnya, makanya jurusan-jurusan ini juga akan memiliki peluang kerja yang cukup besar, saat ini Indonesia ingin menjadi negara yang mampu menghasilkan mobil, pesawat dan alat lainnya sendiri. makanya industri dirgantara sangat digalakkan pemerintah saat ini, banyak mega proyek yang melibatkan berbagai engineer, terutama dari lulusan Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik  Penerbangan, Teknik Industri. Yang terkenal adalah ITB dengan FTMD dan FTI nya, UI, UGM.



5. Ilmu Komputer/Teknik Informatika/Teknologi Informasi.
Untuk jurusan yang satu ini, tidak perlu dijelaskan lagi betapa banyak peluang kerjanya, saat ini semuanya serba digital, makanya sangat dibutuhkan engineer yang mampu menguasai ilmu koding dengan baik, makanya tidak heran lagi jurusan ini akan sangat pesat perkembanganna, sepesat perkembangan teknologi itu sendiri, pada jurusan ini sangat dibutuhkan kemampuan algoritma dan logika yang sangat baik,  yang mampu menghubungkan bahasa manusia dengan bahasa komputer. Perguruan Tinggi yang terkenal akan jurusan IT nya yaitu ITBdengan STEI nya, Bina Nusantara (BINUS), dan UI.


6. Teknik Lingkungan
Teknik Lingkungan akan selalu dibutuhkan selama lingkungan masih ada, tidakkah kita melihat bagaimana lingkungan hidup dari hari ke hari semakin memburuk, apalagi dengan banyaknya industri pertambangan yang merusak lingkungan hidup, selain itu limbah-limbah perusahaan perlu dikontrol dengan baik, permasalahan air bersih juga semkain menjadi perhatian pemerintah, seiring semakin banyaknya sumber mata air yang tercemar. makanya selama manusia itu ada, maka lulusan teknik lingkungan akan sangat dibutuhkan. Universitas dengan teknik ligkungan yang unggul ialah ITB dengan FTSL-nya


7. Pendidikan Dokter.

Kedokteran akan selalu terpakai selamanya, hanya saja kuantitas dokter yang semakin marak membuat peluang kerjanya mengecil, namun bagaimanapun juga, dokter masih menjadi salah satu peluang  kerja yang wah, karena permasalahan kesehatan tidak akan ada habis-habisnya.
Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga kedokteran gigi, keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab  Saudi saja membutuhkan 2000 perawat dari Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi dan ini adalah peluang yang bagus. Apalagi jika dokter tersebut mengambil lagi Spesialis nya, dan tahu sendiri berapa gaji Dokter Spesialis. Yang terkenal yaitu UI,UGM, UNPAD,UNAND.




8. Arsitektur
Dilihat dari prospek kerja, sebenarnya program studi arsitektur tergantung kepada pribadi masing-masing, bagaimana ia merancang bangunan sesuai selera pelanggan, makanya pada ahli bidang ini harus cermat dan teliti dalam menyesuaikan pola pikir masyarakat saat ini, sehingga rancangannya tidak kuno dan menjadi menarik. Pada suatu banguan yang bagus, kokoh, biasanya yang disanjung adalah arsiteknya, namun pada bangunan yang roboh, maka yang disalahkan adalah kontraktornya.
Nah, dalam prakteknya, seorang arsitek akan bekerja sama dengan kontraktor, dan dapat dilihat betapa besar peluang kerjanya





Artikel terkait: teknik perminyakanteknik industriTeknik sipil dan kelautanjurusan IPS dengan prospek cerah

12 komentar

Saya jurusan teknik pertambangan upn yogyakarta, kerja di tambang gaji nya ga kayak dibilang orang.
Gaji kecil cuma 3 jt an awal2 masuk. Saya 7 tahun kerja di tambang kena PHK Pula lantaran harga batubara anjlok.
Jadi hanya orang bodoh yg mau ambil jurusan teknik pertambangan.

Reply

bener gan, itu tidak lepas dari turunnya perekonomian di sektor pertambangan sehingga adanya PHK besar-besaran yang terjadi di Industri pertambangan. di Kaltim saja lebih dari 100 perusahaan tambang yang bener-bener tutup, belum di daerah lain. Selain itu jurusan perminyakan juga mengalami kemunduran gan, hal ini karena harga minyak dunia yang turun dan adanya penutupan lowongan kerja di berbagai perusahaan minyak.

Reply

Benarkah informasi itu?? Lagi bingung pilih jurusan nih
Mohon bantuan. Wkwkwk

Reply

Jurusan pertambangan upn yogyakarta katanya setara pertambangan ITB? Iya kah kak??

Reply

mengenai terjadinya phk besar-besaran di industri pertambangan adalah benar. saat ini kondisi industri pertambangan dan perminyakan sedang mengalami penurunan, sehingga banyak lulusan dari jurusan tersebut yang menganggur dan menurut singkat saya hal ini akan berlangsung cukup lama karena ditemukan sumber energi yang lebih menjanjikan (shale gas). Oleh karena itu jika ingin masuk jurusan teknik, saya sarankan untuk mengikuti perkembangan dari sektor jurusan yang kita mau tersebut.

Reply

Kalo teknik material dan metalurgi gmna menurut agan2

Reply

kalo teknik metalurgi sama material menurut saya masih sangat prsopek dalam jangka waktu yang lama, karena kedua teknik ini tidak begitu terkait dengan kondisi pertambangan dan perminyakan

Reply

Kalo teknik sipil gimana tuh gan prospek ke depan nya?

Reply
This comment has been removed by the author.

berhubung Indonesia masih dalam tahap pembangunan infrastruktur maka untuk 100 tahun kedepan masih memiliki prospek yang sangat cerah

Reply

kalau tekkim prospeknya bagus gak gan ?

Reply

Post a Comment